Skip to main content

Latar Belakang

 Latar Belakang berdirinya Chalidana International Islamic School

Chalidana Academy merupakan sebuah wujud keperdulian dari Yayasan Ilyas Safira untuk merintis sebuah proyek bermisi mulia fiddunya wal akhiroh. Diprakarsai oleh sekumpulan orang-orang yang memiliki berbagai potensi yang berbeda-beda namun memiliki niat dan komitmen yang bulat untuk bahu-membahu memformulasikan ide-ide demi terwujudnya misi penyelamatan masa depan bangsa indonesia melalui dunia pendidikan, yaitu pendidikan yang berkualitas yang benar-benar mempersiapkan generasi muda bangsa Indonesia dalam menyongsong era kompetisi di dunia global. The Master Plan of Islamic School which enriched with International Value-Chalidana Academy merupakan pilot project  berjangka, karena memiliki rencana jangka pendek, Pre School hingga Universitas.

1.      Mengapa harus International?

  Dengan semakin berkembangnya teknologi yang sangat pesat tidak bisa dipungkiri bahwa setiap bagian dari dunia ini menjadi sangat mudah terjangkau sehingga secara keseluruhan peristiwa demi peristiwa yang terjadi di belahan dunia manapun akan dapat mudah terakses hanya dengan hitungan detik saja. Perubahan yang terjadi di satu bagian dunia ini akan sangat cepat memberikan dampak di bagian-bagian lain diseluruh dunia. Sehingga kita semua sangat dituntut agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan itu jika kita tidak ingin tertinggal. Manusia dituntut harus adaptif, responsif, kondusif dan dinamis namun tetap punya prinsip, istiqomah, konsisten. Penguasaan Ilmu pengetahuan da teknologi ini memerlukan konsekuensi yang besar pula karena kita harus punya sarana, kapasitas dan  kemampuan yang memadai untuk  berkomunikasi dengan dunia global. Bahasa merupakan sarana yang sangat penting dalam berkomunikasi, penguasaan bahasa inggris sebagai bahasa internasional telah mewajibkan kita menguasainya untuk  memunculkan eksistensi kita. Dan, bukan sekedar bisa memahami bahasa inggris, namun harus mampu menggunakaanya secara aktif dalam berbagai aspek kehidupan berbahasa sehari-hari seperti berkomuikasi, berdiskusi, advertensi, berdebat dan lain-lain.

2.      Mengapa harus Islamic?

Chalidana Academy merupakan sekolah berbasis agama Islam yang moderen yang menyadari diri sebagai salah satu bagian dari komunitas global dan menganggap segala macam perbedaan baik suku, ras, budaya,  maupun agama sebagai keragaman yang merupakanh sunatullah. Al-Qur’an sebagai kitab suci Umat Islam memuat lebih dari seribu ayat yang berbicara tentang ilmu pengetahuan dan teknologi disamping tentang seluruh aspek kehidupan manusia baik di dunia maupun akherat. Untuk membawa pada perubahan menuju kemuliaan dan kejayaan maka, kita wajib untuk mengikuti Al Qur’an secara konsequen, Al-Qur’an bukanlah kitab Ilmu pengetahuan namun kitab yang memuat tanda-tanda, simbol tentang Ilmu pengetahuan yang sangat membutuhkan intelektualitas manusia untuk memecahkannya. Oleh karena itu perlu kirannya kita mempersiapkan para generasi bangsa ini untuk siap memikul amanah masa depan dengan pendidikan yang bukan hanya menanamkan intelektual semata-mata namun, juga pemahaman bahwa ilmu pengetahuan yang moderen baik yang sudah ditemukan maupun yang belum tereksplorasi sebenarnya telah tertulis di Al Qur’an.

Comments

Popular posts from this blog

Format Pembuatan CV untuk Pelamar Admin/Operator

  1. Format pemberian nama file Untuk format pemberian nama pada file ini adalah sebagai berikut: Nama depan aplikan-subject yang dilamar-Fakultas dan Almamater-Kota Tempat tinggal Contoh: Ahmad-Guru PAUD-Pend PAUD Unesa-Malang Ani-Guru SD-Pendidikan IPA UIN Malang-Kediri As’ad-Admin Operator-UB-Pandaan           2.  H alaman 2, Konten Utama CV Untuk calon Admin/Operator   Kepada Yth. Director Chalidana Academy di tempat   Dengan Hormat,   Bersama ini saya sampaikan aplikasi untuk posisi sebagai: Admin/Operator Adapun data lengkap saya adalah sebagai berikut:   FOTOERWARNA                                                                                                                                                   KTP     IDENTITAS APLIKAN Nama pelamar                          : ...............

Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

  Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah Visi: Menjadi sekolah unggul yang mencetak g enerasi milenial Indonesia berprestasi, berkarakter I slam , dan berwawasan International.   Misi : 1.       Menyelenggarakan pendidikan yang mengintegrasikan Kurikulum Nasional , Internasional ( University of Cambridge ) dan Islam . 2.       Menanamkan karakter Islam disemua aspek kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun rumah secara berkesinambungan. 3.       Menanamkan pembiasaan untuk berinteraksi dengan kemajuan teknologi dan penguasaan sains. 4.       Meng implementasi kan inovasi pembelajaran kreatif yang berbasis hybrid learning. 5.       Mengimplementasikan pembelajaran yang mengeksplorasi bakat anak sejak dini. 6.       Menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Tujuan: Tujuan pendidikan dasar secara umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan le

DESAIN KURIKULUM SEKOLAH YANG MAMPU MENGOPTIMALKAN ENERGI POTENSIAL ANAK-ANAK YANG SANGAT BESAR

Setiap sekolah tentunya memiliki kebijakan tersendiri dalam mengembangkan silabus sesuai dengan visi dan misi sekolah. Namun demikian, rancangan cakupan materi pembelajaran dalam silabus ini harus flexible untuk bisa dimodifikasi oleh tiap-tiap guru sesuai dengan potensi dan talenta yang dimiliki terkait dengan potensi atau kondisi sekolah berada.   Walaupun tiap guru dengan pelajaran yang sama, level yang sama dan sekolah yang sama bisa berbeda cara penyampaianya karena masing-masing guru leluasa menggunakan strategi pembelajaran sendiri. Namun demikian, mereka tetap harus menyentuh semua kemampuan dasar anak baik verbal maupun non-verbal, seperti kemampuan komunikasi, riset, menejemen, sosial, berfikir, presentasi, berkreasi.   Sehingga seluruh potensi dasar yang dimiliki anak-anak akan terasah dan menjadi outcomes yang terukur secara kualitatif maupun kuantitaif. Dalam hal ini apresiasi dari guru pada anak-anak sangat penting dalam menjaga motivasi mereka belajar dan meningkatkan