Skip to main content

Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

 Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

Visi:

Menjadi sekolah unggul yang mencetak generasi milenial Indonesia berprestasi, berkarakter Islam, dan berwawasan International.

 

Misi:

1.      Menyelenggarakan pendidikan yang mengintegrasikan Kurikulum Nasional, Internasional (University of Cambridge) dan Islam.

2.      Menanamkan karakter Islam disemua aspek kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun rumah secara berkesinambungan.

3.      Menanamkan pembiasaan untuk berinteraksi dengan kemajuan teknologi dan penguasaan sains.

4.      Mengimplementasikan inovasi pembelajaran kreatif yang berbasis hybrid learning.

5.      Mengimplementasikan pembelajaran yang mengeksplorasi bakat anak sejak dini.

6.      Menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.

Tujuan:

Tujuan pendidikan dasar secara umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara khusus tujuan pendidikan di Chalidana Academy adalah:

1.      Dapat mengamalkan ajaran agama sebagai kebiasaan sehari-hari.

2.      Meraih prestasi di bidang akademik maupun non akademik di tingkat nasional dan internasional.

3.      Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.

4.      Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang memiliki kepedulian pada     peningkatan kualitas umat

5.      Menyediakan  fasilitas belajar dan akses informasi yang memungkinkan guru dan siswa dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan dengan mudah

6.      Unggul dalam penerapan model dan pola pendidikan yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan Islam

7.      Unggul dalam keamanan, kebersihan, kerapian, ketertiban, kedisiplinan dan kehijauan untuk menjadikan School as Learning Community.

 

Motto (Tagline):

CREATING WORLD CLASS ISLAMIC LEADERS

 

NILAI-NILAI

1.      Spirituality (Taqwa)

Mempunyai kemampuan untuk menerapkan semua aturan agama dalam aktivitas sehari-hari serta menjauhi larangan agama. “Sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa”. Mempunyai niat yang benar, berorientasi ke masadepan, berprinsip, bermisi kebaikan, pembelajar tangguh. “Carilah dari apa yang dianugerahkan Allah untuk meraih kehidupan akhirat dan janganlah kamu lupakan bagianmu dari kenikmatan dunia” ( Al Qashash : 77)

2.      Berkepribadian Tangguh

Mempunyai kemampuan untuk berdaya tahan fisik dan mental secara prima, sabar. “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman” (QS Ali Imran (3) : 139. Disamping itu juga mempunyai kemampuan untuk jujur, ikhlas, bertanggung jawab secara personal, sosial, kultural dan spiritual.“Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya”(QS Al Muddatshir 74 : 38). Mempunyai kemampuan bekerja  secara mandiri, tidak bergantung secara parasitisme pada orang lain. Katakanlah : “Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing. Maka Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya” 

3.      Critical Thinking

Melatih inisiatif dalam menerapkan ketrampilan berfikir (berdasarkan Al Qur’an) untuk membuat keputusan yang benar dan untuk menyelesaikan masalah-masalah kompleks untuk kehidupan yang lebih baik.“Dan apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi dan segala sesuatu yang diciptakan Allah, dan kemungkinan telah dekatnya kebinasaan mereka? Maka kepada berita manakah lagi mereka akan beriman sesudah Al Qur’an itu?” (QS Al Araf (7):185) Creative-Innovative

Mempunyai kemampuan menghasilkan suatu kreasi dan ide untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Dan Ya’qub berkata: “Hai anak-anakku janganlah kamu (bersama-sama) masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berlain-lain  (QS Yusuf (12) : 67)

4.      Discipline

Mempunyai kemampuan menghargai waktu, mempunyai kontrol diri, taat aturan. "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran" (QS Al Ashr (103) : 1-3)

5.      Communicative

Mempunyai kemampuan untuk menerima dan mengekspresikan ide dan informasi yang benar dengan percaya diri dalam bahasa lebih dari satu, termasuk bahasa simbol matematis. “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS An Nahl (16) : 125)

Comments

Popular posts from this blog

Format Pembuatan CV untuk Pelamar Admin/Operator

  1. Format pemberian nama file Untuk format pemberian nama pada file ini adalah sebagai berikut: Nama depan aplikan-subject yang dilamar-Fakultas dan Almamater-Kota Tempat tinggal Contoh: Ahmad-Guru PAUD-Pend PAUD Unesa-Malang Ani-Guru SD-Pendidikan IPA UIN Malang-Kediri As’ad-Admin Operator-UB-Pandaan           2.  H alaman 2, Konten Utama CV Untuk calon Admin/Operator   Kepada Yth. Director Chalidana Academy di tempat   Dengan Hormat,   Bersama ini saya sampaikan aplikasi untuk posisi sebagai: Admin/Operator Adapun data lengkap saya adalah sebagai berikut:   FOTOERWARNA                                                                                                                                                   KTP     IDENTITAS APLIKAN Nama pelamar                          : ...............

DESAIN KURIKULUM SEKOLAH YANG MAMPU MENGOPTIMALKAN ENERGI POTENSIAL ANAK-ANAK YANG SANGAT BESAR

Setiap sekolah tentunya memiliki kebijakan tersendiri dalam mengembangkan silabus sesuai dengan visi dan misi sekolah. Namun demikian, rancangan cakupan materi pembelajaran dalam silabus ini harus flexible untuk bisa dimodifikasi oleh tiap-tiap guru sesuai dengan potensi dan talenta yang dimiliki terkait dengan potensi atau kondisi sekolah berada.   Walaupun tiap guru dengan pelajaran yang sama, level yang sama dan sekolah yang sama bisa berbeda cara penyampaianya karena masing-masing guru leluasa menggunakan strategi pembelajaran sendiri. Namun demikian, mereka tetap harus menyentuh semua kemampuan dasar anak baik verbal maupun non-verbal, seperti kemampuan komunikasi, riset, menejemen, sosial, berfikir, presentasi, berkreasi.   Sehingga seluruh potensi dasar yang dimiliki anak-anak akan terasah dan menjadi outcomes yang terukur secara kualitatif maupun kuantitaif. Dalam hal ini apresiasi dari guru pada anak-anak sangat penting dalam menjaga motivasi mereka belajar dan meningkatkan